France and Spain : what a ride! (part 1)

Untuk travel  di Eropa, banyak yang menyarankan untuk  membeli tiket Eurail Pass, jadi kita bisa menentukan sendiri berapa banyak kita akan turun naik di eropa dalam kurun waktu yang juga kita tentukan sendiri. Misalnya, kita beli tiket yang berlaku selama 30 hari dan bisa dipakai untuk 4 kali travel, atau bisa juga beli yang paket 8 kali travel, atau lainnya. Lengkapnya bisa dilihat di www.eurailpass.com

Gue sendiri, untuk perjalanan France dan Spain saja, agak keukeuh untuk gak beli Eurail pass, karena untuk rute yang akan gue ambil, rasanya pd aja untuk beli di tempat. Akhirnya gue memutuskan untuk memakai  gabungan antara Train, Plane, dan Bus.  Tulisan ini akan gue pecah jadi beberapa bagian, takutnya pada bosen baca kalo kepanjangan hehehee…enjoy the ride!

PLANE

Perjalanan yang menggunakan Plane selama di Eropa adalah Barcelona-Ibiza, Ibiza-Madrid, Granada-Barcelona, dan Barcelona-Paris. Ibiza, karena terletak di pulau tersendiri (Balearic Island),  rada sulit kalo gak pake plane, bisa aja pakai ferry yang lebih murah, tapi jauuuuuh lebih lama. Sedangkan Granada-Barcelona, memutuskan untuk pakai plane, lagi-lagi untuk menghemat waktu (hanya 1 jam), padahal tadinya mau naik bus aja, menikmati perjalanan sepanjang Andalusia-Catalunya. Untuk Barcelona-Paris, tadinya mau naik kereta biar bisa tidur, tapi karena ngejar perayaan kembang api di Paris di hari yang sama, jadinya akhirnya naik plane saja lah, toh bisa tidur pas sampe Paris J.  Semua plane menggunakan Vueling air (maskapai LCC Spain), harganya sih sedikit di atas Ryan Air (maskapai LCC nya Ireland) tapi schedule dan jam nya lebih bersahabat dan pas! Karena mesen tiketnya seminggu sebelum berangkat, gak heran harganya bisa 60-80 Euro sendiri untuk masing-masing penerbangan. Hiksss!

The Airport

Dari beberapa bandara yang gue singgahi dalam perjalanan lokal dengan plane ini, semua bandara  sudah oke, semuanya bandara Internasional. Hm. Orly Airport di Paris sih gak terlalu oke, bahkan dibanding Ibiza yang cukup besar dan modern,  lengkap dengan toko-toko suvenir dan calon butik-butik (in progress), yang paling nyebelin dari Orly airport, adalah ATM centre nya gak ada…. kisruh deh. Apalagi kalau butuh duit buat taksi, alamat pusing! Airport yang gue suka adalah Barcelona Aeropunto, bahkan dibanding Madrid sekalipun. Bandaranya bersahabat, papan pengumumanan dimana-mana, toilet banyak dan bersih, orang-orangnya helpful, dan yang pasti…Zara shop nya lebih murah daripada di city dan gak rame…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s