France and Spain : What a ride! (part 4)

ANOTHER RIDE : TAXI

Hoah. Kalo gak terpaksaaaaa banget, mending gak usah deh naik taxi di Eropa, emangnya di Jakarta, dimana taxi banyak, dan terhitung murah (dibanding di sana ya). Dari rumah gue di suburb ke downtown, kira-kira ongkos taxi nya sekitar Rp40.000-50.000, bandingkan dengan Paris deh. Dari l’aeroporte D’Orly ke Porte de Lilas (arrondissement 16) (and it’s not the suburb), 25 menit perjalanan (pake acara celingak-celinguk lewat GPS) costed me like 35 euros, dan sekitar segitu juga kurang lebihnya yang mesti gue bayar dari apartemen ke l’aeroporte Charles de Gaulle! Angka depan boleh mirip, tapi kalo di kurs bisa merasa langsung jatuh miskin. Waktu itu gue terpaksa pake taxi karena kaki dan tangan gue terkilir, maklum deeeh, bawa 1 backpack, dan 1 wheeled suitcase (yang dibeli dengan sembrono karena mood sedang jelek dan pas ada sale), jalan ke sana kemari, naik turun tangga metro (di France and Spain, not all station has elevator or escalator), jadi cukup deh exercise gue selama perjalanan, baik paha dan kaki (karena jalan kaki dan lari), sampe biscep and triscep karena angkut beban! Belom lagi kalo gue salah voie atau salah gerbong, salah tangga…dan itu sering….(FYI, berat badan gue turun 5 kilo selama perjalanan!)

Taxi di Paris itu susah-susah gampang, ada tempat dimana mereka berderet kira-kira 3-4 taxi, ada tempat dimana gak ada taxi sama sekali. Dan lebih sering gak ada sih. Tapi untunglah kebersamaan gue dengan taxi sungguh terbatas, tentunya gue lebih senang jalan kaki dan naik turun tangga (biarpun lama) karena selain sehat juga hemat, dan harga sekali naik taxi bisa di save beli jaket di Chatelet atau di Les Halles gitu:p belom lagi dengan sistem fare nya yang berbeda di beberapa jam tertentu, misal di malam pasti lebih mahal daripada siang.

Selain di Paris, pemakaian taxi terbatas di Granada, pas mau balik ke Barcelona, dan terlambat bangun yang bikin gue ketinggalan naik bus yang ada di depan pension (hostal), dan terpaksa lari ngejer taxi queue dan menghabiskan 25 euro instead of only 1.6 euro *sigh hard*. Pemakaian taxi terbatas lagi adalah di Ibiza, tapi saat itu emang paling rasional pake taxi karena : 1. Hujan. 2. Gue bersama geng ketimpring yang udah pada beler gak sadar, ada baiknya juga gue pake taxi biar aman pulang jam 5 pagi….  Anyway, Ibiza, agak sedikit mirip dengan Jakarta, taxi ngetem ada di beberapa tempat penting, deket hotel ada, di telpon gampang (secara pulau kecil ya), dan bebrapa stand by deket clubs, jadi kalo udah pegel dan pengen clubhopping mending pake taxi daripada nunggu discobus (namanya beneran discobus-bus biasa yang malem beroperasi sebagai bis khusus nganter clubbing). (gak boong).

ANYWAY ANYHOOOO

Kurang lebih gitulah pengalaman gue dengan public transportation selama perjalanan di France dan Spain kemarin. Selain Train (plus metro), Bus dan Taxi, gue juga nyoba kapal Batobus tapi bukan antar kota atau in the city, tapi Cuma muterin sungai Seine di Paris J, sambil memandangi Eiffel tower, Louvre, Musee D’Orsay, Jardin Luxemburg…sambil liat couples holding hands and kissing passionately yang bikin sirik berat! Batobus ini sekitar 8 euro untuk 1 hari tapi 12  euro untuk 2 hari, lumayan loh kalo pada mau pacaran hehehe. Selain itu gue sempet juga ngerasain susahnya cari parkir di Versailles dengan mobil, sungguh beda dengan pengalaman parkir di Jakarta. Di sini semua mobil bisa masuk ke tempat parkir meskipun belum tentu ada parkir kosong dan hanya kasih untung untuk pengelola parkir. Sedangkan di Versailles mobil kita gak bisa masuk karena parkir udah penuh. So what did we do? We just waited. Yes. Waited.  Sampe ada mobil keluar….

Kalo duit terbatas pastinya taktik pengiritan pake bis/metro jadi paling banyak kepake, tapi kalo duitnya berlebih dan males jalan silakan lho naik taxi, asal habis bayar gak usah sok-sok ngitung kurs.  Tapi kalo pengen sehat, gak ada salahnya jalan kaki dan pake metro…asli sehat! Susah lho jalan kaki disini…:p

Leave a Reply

