Phuket Run-100K

Phuket – place to start island hopping

…setelah menyuruh supir taxi ngebut ke bandara Suvharnabhumi dengan kecepatan agak maksimum (ngeri juga kalo speedometer nya pol), sambil dimbombardir dari gang di Jakarta yang memantau dimanakah terminal Air Asia untuk ke Phuket yang juga sibuk nanya “ udah masuk tol kedua belom?” dan gue menjawab dengan dodol “ha, emang ada gerbang-gerbang lagi ya?” dan tim Jakarta pun frutasi sambil ngirim doa semoga kita gak ditinggal pesawat malem itu. Whilst one friend at Terminal 1 was pushing her luck so that we could directly go to boarding gate, and didn’t have to check in (itu lah gunanya online check in!) and waited for us in front of the gate. Blackberry gue yang batrenya sekarat itu untungnya masih bisa berguna sampe detik-detik terakhir (literally!) dan akhirnya kita sampe di terminal 1 dan ketemu temen gue disana (dan blackberry gue mati lah dia), dan lari sambil bawa backpack (bagus..gue Cuma bawa 1 backpack kecil ini) dan teriak-teriak “permiiisiiii permisiiiii s’cuse meeeeee air panas niiiiiiii” dan..gak ketinggalan pesawat. Dan gue bisa pipis dengan tenang.

Lesson learnt:  online check in selalu membantu, bawa lah backpack (punya gue malah ada rodanya jd bisa diangkut lari atau digeret), sebarlah teman dimanapun untuk bantuin dalam hal informasi, dan duit, walaupun bukan segalanya, dalam hal itu adalah SEGALANYA.

Karena sampe di Phuket malam hari, dan agak susah nyari taxi dari bandara, akhirnya kita booking mobil via internet ke hotelnya. Kalo gak salah pre-booking mobil itu costs us around 700 baht. Agak mahal sih, tapi well, toh kita bagi 3 orang. It’s ok lah ya. Tempat kita nginap adalah Squareone (www.squareone.com), harga kamar nya gak beda sama di Khaosan, 1100 baht per malam untuk ber 3. Hotelnya termasuk hotel butik kecil, ada kolam renangnya juga (yang kita bilang sebagai “mayan, ada tempat ngerendem badan sama kaki”), ada kafe kecil untuk bikin kopi atau teh (air gratiiiis), mau beli disana juga murah meriah. Kamar kita ada di lantai 3 dan gak ada lift, jadi mayan deh naik turun kalo mau ngapa-ngapain, ukurannya cukup gede (1 queen size dan 1 single bed), kamar mandi di dalam dan bagus, ada jendela (penting loh…buat jemur-jemur hihihihi

Lokasinya di area Patong, mirip area kuta/legian di bali, yang deket pantai (5 menit) dan pusat keriaan ketimpringan, juga tempat makan. Enak deh. Sebenernya ada lagi area yang murah meriah selain patong, di area Kata juga pilihan tempat tinggal banyak. Tapi kita milih disini biar gampang kalo mau ngapa-ngapain.

Sampe Phuket gue langsung nyuci baju-baju gue biar nanti bisa dipake lagi dengan cepat, toh isinya tanktop, clana pendek doang, total cucian ber 3 habis 170 baht aja, udah sama setrika, dan sehari pun klar.

Phuket ini pas banget untuk island hopping, karena excursion boat banyak juga yang berangkat dari sini untuk ke Phi-phi, atau ke Krabi, atau ke Pha Nga Bay (James Bond island). Dengan modal “kita kan dari Indonesia…sama-sama negara berkembang…backpacker…”, bisa lah jadi modal buat nawar kapal ke Pha Nga dari 1800 jadi 1000 baht, dan nyebrang ke Phi-Phi dan dari Phi-Phi (termasuk tour) ke Krabi (open ticket) kira-kira 1200 baht, jadi di Phi-phi gak usah beli ticket lagi ke Krabi. Loket ticket nya banyak, tersebar dimana-mana, dari tourist information yang ada di jalan, sampe toko-toko sepanjang jalan pasti mereka nawarin paket juga. Pilihan excursion juga banyak, sampe yang ke Koh Samui segala ada. Intinya, pilihan banyak, dan semua bargainable! So, use your lucky charm there!

Pantai-pantai di Phuket rata-rata berpasir putih, i love it! Dan dimana-mana ada kursi pantai warna-warni, nyaman lah. Sayangnya pas kita di phuket bolak-balik hujan juga jadi gak maksimal acara mantai nya. Harga makanan-minuman standar lah disini, tergantung tempat hang out nya. Kita sempat hang out di beach front cafe, coctailsnya seharga 100 baht. Lumayan buat temen nongkrong sambil ngeliat orang lalu-lalang dan nunggu hujan reda.

Kalau mau hemat ala kita, boleh mulai berteman dengan para penjual di convenience store (7/11), yang ngomentarin kita “you girls  are so much in love with sandwich, aren’t you?” karena tiap kali kesana kita pasti borong sandwich sampe 6 biji (secara 1 nya Cuma 12 baht, dan bisa bertahan sampe siang hehehe), enak, kenyang! Important.

Yang nyebelin Cuma harga barang jualan disini, selain banyak yang lebih mahal dari Bangkok, penjaga yang gak tau kenapa kok banyak banget mbak-mbak india – judes-judes kalau ditawar. Kita Cuma nanya harga aja dia ngomel, ditawar judes, yah mana niat belanja? Gue Cuma belanja table runner 4 biji seharga 1000 baht dengan orang lokal, dan nganterin temen gue belanja baju secara dadakan karena urgent berat untuk punya baju cocktail – mentoknya dapet 150-200 baht. Padahal baju yang sama di Bkk hanya 100 baht. Belom lagi pas kita coba nawar di salah satu toko kita digiring ke satu lorong, dan dikunciin di salah satu gudang! Deg-degan banget deh, Cuma demi selembar baju doang. Kalo gak dibukain gue laporin polisi juga tuh orang, secara banyak banget LV, Prada, Gucci palsu (jiaaaahhh kayak di Jakarta gak ada aja hehehe) :p

Buat yang belom pernah ke Phuket, kayaknya sih 3 hari 2 malam aja cukup sih disini, itu juga udah termasuk island hopping, dan gak terlalu singkat jadi maish ada waktu untuk leyeh-leyeh di pantai..

……. to see james bond island, caving, kayaking..and lost to she-male in beauty competition…next stories…yang jelas, ketika kita mau ninggalin Phuket dan dijemput bis travel yang berisi 12 orang, tetep buru-buru, bukan karena kita yang telat, tapi karena supirnya muter-muter dan salah jemput hotel dan bikin dia nelefon ke pelabuhan supaya itu kapal nungguin kita…. oh meeen. Running which I hate, always involved in the story….

more photos at http://narizza.multiply.com/photos/album/93/beaches_and_the_sea_-_thailand

and also at : http://narizza.multiply.com/photos/album/95/bangkok-phuket-krabi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s