Wien : hungry in the snow shower

I’m going to have full day in Wien today, dan sudah siap dari jam 8.30 pagi, ikut anter Zidan, Riena’s son ke sekolah dan supaya gak ada tragedi tiket bus atau tram, marilah beli tiket! Cukup keluar uang 1,5 euro untuk single fare untuk besok dan 24 hour-ticket untuk hari ini seharga 5,8 euro.

Terus naik bus 10 A ke Schonenbrunn, liat palace, dan mulai kedinginan karena snow shower! My first snow shower! Palace nya cukup besar, dan meskipun ini winter, tetep lumayan ada kok pengunjung nya. Liat palace ini jadi inget chateau yang ada di Prancis. Tapi dengan pernikahan silang antar keluarga bangsawan di Eropa jaman dulu itu, mungkin banget ada pengaruhnya ya.Melihat tangga nya jadi terbayang acara dansa-dansi waltz jaman dulu disini… plus inget keluarga Von Trapp hehehee..

Dari Palace Schonnbrunn, sebelom jalan-jalan kemana-mana lagi, gue sempatkan ke Station Kereta di Miedling, untuk beli tiket ke Ljubijana besok hari. Ambil U-Bhan 6, dan 2 kali ganti, dan tentunya, gue secara konsisten : nyasar. Dan jangan kira semua orang disini bilingual dengan English lho… Alhamdulillah mereka ramah luar biasa, meskipun orang-orang yang gue tanya menjawab dengan bahasa Jerman atau Belanda. Yang heboh, mereka cari orang untuk bantu translate. Jadi inget kejadian semalem gue nyasar menuju rumah Riena, orang yang gue tanya sama sekali gak ngerti English, dan dia sampe lari ngejer ibu-ibu lain untuk bantuin translate omongan gue. Sungguh terharu.

Beli tiket ke slovenia dapet 29 euro aja..yihaaaa ticket promo! Bersiap laah jam 7 pagi on the roll!

Terus ke U-bahn lagi, ke arah Karlsplatz, centrum nya. Tadinya sempet kesel karena nyasar dan kurang bergairah karena snowing. Susah motret. Tapi orang-orang kok pada cuek ya motret, jadinya gue ikutan motret. Walopun potret diri terbatas. Gak eksissssss.

Mau naik ring tram, dan ketinggalan 2 kali! Keseeeeeel banget. Padahal nunggunya udah 30 menit sendiri..masa dicuekin 2 kali! Ngambek gue kedinginan dan ke Leopold resto…tangan beku! Dan snow makin deras. Makan snitchzel dan melange (vienna coffee), dan salad…20 euro booo, tapi kenyaaaang dan hangat. Alhamdulillaaah. Terus nekat nunggu ring tram lagi buat keliling-keliling. Karena gue males naik hop on-off bus yang 20 euro. Ring tram Cuma 6 euro. Alhamdulillah kali ini berhasil! Dan ternyata gue salah tempat naik hahahahahaa pantes dicuekin, kirain di setiap station bisa naik.

Ring tram ini berguna banget untuk tau tempat yang mesti didatengin di Wien, dan pas udah 1 puteran,  berasa udah paham mau berhenti dimana aja, dan gue jalan kaki..naaah! cakeeeeppp banget vienna! Centrumnya itu muter doang, tadi gue nyasar di jalan-jalan kecil di dalem karena berawal dari Opera…jadi bisa ke monumen mozart (yang orang sana aja belom tentu tau itu dimana!), parlemen, monumen maria theresa, tempat skating yang rame banget dengan tukang jualan, cakeeeeppp semua. Dan saljunya cakep. Gedung-gedung tua ala renaissance, dengan statue-statue di pojok jalan dan sebagai penanda tempat… pretty nice…

Alhamdulillah gak pake kepleset…

Wien menjelang gelap

Udah menjelang jam 4.30 gue ke Aida, toko pastry enak yang beken di se antero Wien deh,  yang ada di Openring, di scweden platz juga ada, di centrum ada beberapa lah. Makan apple strudel dan melange..lagi.

Dan jalan…jalan…sampe

Stephendom platz, beautiful views of the dom, the lights, renaissance is back! And the man playing mozart in the platz… sooo beautiful. And Zara is just on the corner.

Sebelom akhirnya pulang, menyempatkan diri dulu ke lake Danube yang sedang tertutup salju. Hm. Kebayang kalo pas udah hangat sedikit pasti akan rame banget disini. Inget Seine. Oh I so miss Paris.

Sebelom hari gelap, marilah kita ke arah pulang yuk? Naik tram ke schotentor/borgegasse, terus naik bis 40 A lagi d, udah agak jagoan, ternyata patokannya Hotel Hilton. aah!

Terus di bis tumben rameeee banget, padahal jam nya sama dengan gue naik bis kemaren, rame sama anak-anak lycee francaise, dan ada 1 cowok di belakang gue ngomong bahasa prancis…ohh i miss paris!

Well. say bye to Wien tonight, and save energy for Ljubijana tomorrow. very early morning…

Leave a Reply

