Bye bye Wien!

Meninggalkan Wien yang masih turun salju, menuju tempat yang saljunya setinggi 50 cm. Asoooy!

I’m okay with the snow rain, it’s soft, and it’s … beautiful. (selama gak kelamaan). Anyway salju itu menyebalkan kalau sudah jadi es, itu dia yang bikin kepleset… btw..berat juga ya geret koper di salju begini…! untung udah sarapan nasi dan ayam hahahaha..carbs.  I need carbs…

Untung jam 7 pagi matahari sudah terbit di Wien, jadi gak jalan gelap-gelapan lagi kayak yang gue takutkan kemaren.

Berhubung gue suka lupa nama station bus tempat turun, dan tulisannya susah diapal, dan takut salah turun, makanya…gue nanya mulu sama supir bis. Untung laaah dia baik hati J  Secara ya voice overnya suaranya aneh dan gue gak ngerti, kadang-kadang suka nyelipiin info-info kayak “di halte ini tuker ke bus X untuk ke X, or U-bahn X untuk ke arah X” yang tentunya gue gak ngerti tho..

Always spare extra time to get to station. Menurut gue 1 jam kadang-kadang mepet buat gue. Jam 7.20 sampe di wahringegrasse, dan gue geret koper sampe 3 lantai, dan pas sampe…laaah. pas ada lift depan gue. Siyal! Gue lupa, pasti ada lift disini, karena banyak orang tua, mom with cribs, dan disabled. Makanya…tanya!

7.40 sampe di Miedling, dan gue masih ada spare waktu untuk :

-WC

-beli roti di Stock Brot. Ada dimana-mana toko ini, dan enak! Rata-rata orang-orang pada beli roti sebelom pergi, sambil beli melange (kopi vienna)

-celingak-celinguk di papan pengumuman sambil nyari platform. Untung gue liat bahwa kereta gue pindah dari platform 6 ke platform 7.

Jangan lepas syal dan sarung tangan! Miedling ini platform terbuka, jadi kita kena terpaan salju! Hoaaaaaaa

Rel nya aja ketutup salju. Jadi kereta kita telat 10 menit. Tadinya gue gak tau kereta gue telat, maklum, gak ngerti pengumuman di station…lagian gak ada translation.

Untunglah papan pengumumannya updated. Thank God, I meet good people…

Perjalanan ke Ljubijana akan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Bagus gue gak salah naik kereta yang sebelomnya ini (yang gue pikir adalah kereta gue), kalo gak gue udah sampe Budapest…hehehehehe

Always, cek your ticket, gerbong berapa, dan nomer brapa. Meskipun di klass 2, tapi keretanya bagus. Gak kompartmen sih, tapi enak dan nyaman. Dan gue spare 3,5 euro additional cost, untuk seat reservation, karena males nyari-nyari tempat duduk kosong, meskipun ada banyak kosong.  Dan sama kayak di kompartemen kemaren, ada pemberitahuannya di seat gue, reserve untuk perjalananan dari wien ke ljubiajana, kemarin di kompartmene juga ada tandanya, dan selalu updated.

Depan gue adalah kursi-kursi non reserved : ada tulisan : Ni rezervirano, non reservee, nicht reserviert, non riservato.

6 jam dengan melihat salju lagi….ke arah Salzburg, Graz…

Di kereta selalu dikasi brosur travel information. Lengkap sama rute yang dilewati, dan jam brapa sampe di setiap rute. Enak banget sistem transportasi sini. Bukan hanya bisa liat online, dan beli online, cek fares, timetables, tapi juga bisa tau bagaimana cara kita mencapai tempat tersebut dari tempat kita. Tinggal masukin kita di area mana, jadi bisa keliatan bus, tram, atau train untuk ke tempat akhir. Kalo perlu jalan kaki juga dibilangin , jalan kaki brapa menit. So comfy. all integrated, kebayang kalo di Jakarta…hahahahaha.

“5 menit ke jembatan, terus 15 menit di warung, jalan 5 menit ke ojek, then…forever in traffic”…hahahahahahaha

Keerata ini dari Wien Miedling, lewat : Wiener Neustadt, Semmering, Murzzuschlag, Kapfenberg, Bruck a.d Mur, Graz Hbf, Leibnitz, Spielfield Strasse, Maribor, Pragersko, Cleje, Lasko, Zidani Most, Trobvlje, Zagorze,Ljubijana…

Dan tiap rute itu, udah lengkap juga dengan bus/kereta sambungan ke tempat-tempat lain.Harusnya gak nyasar ya!*

*harapan gue yang sederhana, yang sayangnya selalu terjadi sebaliknya, bersambung ke nyasar  Ljubijana

Leave a Reply

