Arrivo, Firenze, Tuscany

Firenze, atau Florence dalam bahasa lain, adalah capital city dari Tuscany region, dimana konon katanya ini adalah tempat kelahiran dari Italian renaissance. Many piazzas, palazzis (renaissance palaces), parks, gardens, churches, monasteries..galleries…arts….

Firenze is small town, you can easily walk anywhere, kalo gak capek.  I’m so lucky, the Plus hostel that I’m staying in is in the centrale, so it takes only 10 minute walking to Duomo (kecuali lewat mercato centrale..the speed depends on how long you stop there shopping).

Perjalanan pertama  : mercato centrale…ngeri..ngeri…kenapa ini lewat yang pertama yaa…ini tempat belanja edan, dari souvenir, leather goods (and real leathers, all good), shoes, bags, food…anything…mengerikan. Dan semua bisa ditawar! Tapi ada satu barang udah gue incer, apron bergambar David telanjang! Besok balik lagi deh. Masa belom apa-apa udah belanja.

Lanjut ke basilica di San Lorenzo…yang bersebelahan dengan Palazzo Medici Riccardi, terus ke Catederale di Santa Maria del Fiore yang cuakep itu di Piazza del duomo, sebelahan dengan museo dell’Opera del Duomo.

Laper, beli waffle simplice dengan nutella, 3 euro, di ben and jerry’s whoaaaah…delicio! Di Piazza del duomo, turis bejibun dan carabinieri juga banyak, mungkin untuk jaga-jaga mencegah copet. Gue jadi ngerasa aman untuk ngeluarin kamera digantung di leher.

Lanjut ke Piazza SM Nuova, terus ke piazza della republica yang lagi ada carousel dan gerbang dari segala shops penting..kayak Hugo Boss, Massimo Dutti, etc..you name it. Yang gak nemu Cuma LV dimana ya hihihihih.

Lanjut ke Pizza della signora, dimana ada the famous David Statue, dan lagi ada konser gak tau memperingati apa..males nanya:p.  Terus jalan ke Galleria Degli Uffizi…hoaaah…Yanti..tahan..tahan….gak baik untuk koper dan kantong, masa benetton jacket cuma 30 euro, baju cuma 11 euro..tas dan koper Segue cuma 14-39 euro, , spatu Segue 15 euro…mengerikaaaaaaaan! tapi gue gak tahan untuk ke zara…dan bajunya lagi pada 20 euro..hhhhh tahaaaaaan. Zara sampe ada 2 toko gede lho. Benetton juga. Ngeri betul! Gue sibuk membatin : mamma miaaaaa.mammmaaaaa…. (dengan hitungan minimal 20 detik, kalo di detik ke -20 rasa ingin belanja masih ada baru masuk toko lagi)

Lanjut jalan lewat jalan kecil yang berbatu khas itu, enak banget, tapi gue stick to jalan besarnya aja. Takut ngeri sama toko-toko gitu lho….kalo jalan kecil kan lebih susah menghindarnya…

Dan sampelaah di Ponte Vecchio, pas sunset. Soooo beautiful. Really. Dan gue nelongso abis. Tempat begini romatis., semua orang pada ciuman, dan gue sendirian…on almost valentine’s eve..hiks. Ponte Vecchio ini adalah 1 dari jembatan penghubung Fiume Arno river, ada Ponte-ponte lain kira-kira totalnya 8. Pasti Ponte lain gak kalah cantik, tapi Ponte ini bener-bener kayak main road nya, dan yang lebih gila lagi…toko-tokonya adalah..jewelries….all gold, diamonds, rubies, all mahal. Kayak Piaget, Patek Phillippe, dan toko-toko mahal lain. Dan tentunya…yang window shopping bukan gue doang…semua yang lewat..hahahaa pada kagum dan ngiler aja dari balik kaca.

Ngomong-ngomong soal window shopping, banyak banget yang emang hobi…gak cuma emas ini yang di window-shopping-in, tapi sampe gerai-gerai dept store Coin aja diintipin, Levi’s, clarks, camper (oooh the boots are sooooo good), Massimo Dutti,Miu-Miu…dan rata-rata sibuk valentine’s day an dengan coklat-coklat berbentuk hati..gawat banget. Yang sukses bikin gue histeris malam ini adalah Coin Casa, itu department store yang khusus perlengkapan rumah, dari serbet, alat masak, seprei, bedding, tatakan gelas, frying pan, semuanya bikin gue menahan jantung. Agak lebay emang, tapi bener lho. Coba deh kesana, dan lo akan tau rasanya ngeliat serbet warna-warni, Bialetti warna-warni segala ukuran, sprei lucu-lucu dan bahan nya enak banget, vas bunga yang cantik, piring-piring keramik pastel…pasti histeris.

Ampun.  Susah banget nahan hawa nafsu ya. Untung gue lagi jadi pengangguran, kalo enggak biasanya gue beli itu semua barang terus gue ship ke Indonesia Apalagi the leather goods..bener-bener cakep. Bau leather nya gak boong. Beda dengan tas-tas/dompet  di Via Calimari, yang banyak fake leather. Gimana bedainnya..? Coba aja di cium. Baunya beda J

Jalan terus ke Palazzo Pitti, deket Forte di Belvedere (jadi inget Vienna, ada juga istana belvedere), tapi gue gak ke Forte, udah gelap. Males foto-fotonya. Tapi museo della specolanya juga okeee…Cuma pas gue dateng udah tutup bagus deh ada alesan gak bayar hihihihihhi

Di Pitti gue sekalian ke internet point. Oh iya, gue suka disini karena banyak student, dan turis muda, jadi banyak warnet, di hampir tiap tempat. Bayar 1 euro untuk 10 menit, 2 euro untuk 30 menit, sampe 3 euro 1 jam. Itu harga non student. Kalo student, bayar 0.5 lebih murah. Malah ada paket mingguan, dan bulanan, sampe 6 bulanan. Hebat juga.

Puas di pitti, balik lagi lewat Ponte Vacchio, ke centrale. Beli roti buat besok pagi dan dinner nanti, hanya less than 5 euros di Meta Supermercato yang ada banyak juga dimana-mana.

Firenze alleys are also interesting, banyak ristorante yang tersembunyi dan lucu-lucu, dan tentu dengan toko-toko yang gak kalah lucu…

Gue jalan terus lewat Piazza del republica lagi tapi kali ini ke arah Basilica di Santa Maria Novella dan Piazza Santa Maria Novella (same as the name of stazione). Yang bodoh lagi….

Balik ke arah atazione harusnya tinggal nyebrang, eh gue sok lewat via della scala, dan berasanya jago banget bisa baca peta..hahahhaa padahal menjauh dari stazione karena gue sok nyebrang ke via oricellaroi, padahal harusnya pas end of scala gue belok kanan, jadi muter karena nyasar aja itu makan waktu 30 menit sendiri hehehee. Puas banget jalan kakinya!

Leave a Reply

