Pisa e Torre de Pisa

Tumben, gue tidur enak banget and bangun siang..jam 9.30 ajeeee. Langsung sarapan, mandi dan brangkat jam 10.15 an, langsung naik kereta dari Firenze menuju Pisa Centrale.

Kota Pisa ini terletak di Central Italy, termasuk Tuscany city yang berada di ujungnya River Arno dan Ligurian Sea. Ditempuh hanya 1 jam dengan kereta dari Firenze, kota ini bisa kok kita datangi untuk hanya sekedar day-trip atau hal day-trip.

Ke Pisa naik kereta lokal, 5.7 euro 1 way  (berlaku 6 jam setelah di validate – jadi kalo dalam waktu 6 jam gak kepake tiketnya basi) perjalanan makan waktu 1 jam –an. Gue berangkat jam 10.57, dan nyaris aja gue berdiri, maklum kereta rakyat:p

Untung masih dapet duduk, ngantuk soalnya…belom ngopi. Banyaaaak banget orang-orang yang kayaknya mau ke carnivale di venice, udah pada dandan heboh ada yang jadi lebah, jadi macem-macem. Gue lupa kalo ini hari Minggu. Pantes rame banget.

Sampe Pisa centrale, gak ada information office, tapi ada tulisan, kalo mau ke Pisa tower (torre de Pisa or leaning tower) bisa naik Lam Rossa Bus seharga 1 euro beli di Tabacchi, dan turun di Piazza dei Mercalli.  Naik bus kira-kira 15-20 menit, dan pas sampe, untung banyak turis yang bareng, jadinya gue ngeh harus turun. Soalnya gak ada tulisan itu Torre…sinting. ampir aja bablas…

Dan..masuk lah ke kawasan torre dan baptistry duomo. Dan..Hah..

Gitu doang? Aslii. Kecil booooo. Dan ada turis amrik yang juga bengong “haa..that’s it? We come all the way here and that’s it??”

Di kawasan ada 3 gedung, 1 catederale, 1 torre, 1 lagi bapistry apa gitu. Dan tinggi si menara itu Cuma…gak setinggi monas deh. Keciiiil. Tapi sekecil ini aja terkenal banget. Tapi semua kawasan sih terawat banget…naik ke torre itu bayar 15 euro…males banget…masuk museo bayar 5-8 euro, tergantung mau ambil paket yang mana.

Berhubung pergi sendiri gak bisa deh bikin foto dengan segala macem gaya kayak orang-orang yang disitu, pose dengan efek – megang, ndorong, narik si leaning tower malah ada yang sampe manjat pager segala biar maksimal!

Spent like 1.5 hours there, Cuma foto-foto sama beli fridge magnet seperti biasa. Dan sebelnya, tahun lalu gue beli miniatur Pisa di Milan dulu sekitar 4 euro, ternyata disitu cuma 1-2 euro yang kecil malah ada yang gede cuma 3-5 euro, ada yang berlampu. Siyallllll.

Terus gue gak ada napsu lagi keliling centrum karena saking kecil, jadi gue mutuskan balik ke Firenze lagi. Yang ngeselin, udah  beli tiket di bigliateri di jalan, eh…duit gue keambil 1 euro, tiket gak keluar. Kesel banget gue. Jadi pas naik bus gue nekat gak bayar di driver, padahal ternyata bisa bayar di driver. Sebel. Tapi karena duit udah kepotong, anggep aja itu yang harusnya bayar tiket ya:p

Train back jam 14.54, sampe firenze udah jam 4 sore, dan gue langsung jalan pulang, yang tentunya diselingin masuk ke 99 cent-shop, 1 euro shop, 2 euro shop, piazza del itallia yang diskon gila-gilaan, masa scarf cuma 3 euro…gue cuma beli hand gloves ijo genjreng 2 euro. Sayang gak ada yang merah. Besok cari lagi ah.

Habis dandan di Hostel, jam 5.30 jalan lagi, kali ini ke galleria d’accademia, piazza della Annunziata dan basilica della annunziata, beli sandwich di mercato dan pizza buat dinner…

Mau ke ponte vecchio lagi takut nelangsa, romantis valentine gini. Jadi gue jalan aja ke piazza della replublica, tortured my self by windown shopping zara, hermes, coin (apalagi di coin casa!!! Gilaaaa murah2 banget itu sprei dan handuk), gue bisa gila deh. Belom lagi gue ketemu Bialetti store. Mau histeris liat tempat kopi warna-warni.

Daripada pusing liat toko, akhirnya gue memutuskan mampir ke Liberia alias book store,  banyak sebenernya liberia disini dari bookstore kecil yang hanya jual buku-buku spesifik (tentunya dalam bahasa Italia), sampai bookstore besar yang isi nya ada juga yang berbahasa inggris. Pilihan gue malam ini adalahLiberia Edison, yang ada di Piazza della Republica, persis di sebelah Bialetti Store dan pas ada di depan Salvatorre Ferragamo (penting ya?). Dan semua pasti ada buku sejarah soal Itali dan masing-masing kota. Dan semua orang kalap beli. Hebat deh.  Bandingkan dengan toko buku Jakarta, kalapnya itu di section buku apa ya selain komik? Hehehehe….

Leave a Reply

