Amor Roma : love the bunkbed

Love today…! Not only that I survived made bed on upper bunkbed, and managed to get down (i jumped to other side of the bed, since the stairs moved from my side to that side), and my french roomates are checking out, so i can move to lower bunk bed! So happy already in the morning! This, must be good start of everything!

Bangun jam 7.30 karena mereka packing, tapi bagus deh jadi pagi bisa langsung sarapan di living room, for 3 euros, buffet, quite nice! And receptionist helped me reserve a ticket at Galleria Borghese. Ternyata beneran kata Andrea kemarin, mesti booking untuk masuk ke situ. Gue aja ngeyel.  Dari 2 option, jam 1 pm dan 5 pm, tentu gue memilih jam 1 pm dong biar gak kesorean. Jadi 12.30 gue harus kesana untuk pick up ticket., ooh thanks guys!

Then off to Vatican city, and to Basilica st.pietro…magnificent..! gak bosen gue memotret disitu. Terus liat antrian masuk basilica gila bener..tapi kok sayang ya kalo gue gak masuk..akhirnya gue antri. Dan ternyata gak lama karena line nya banyak. Great. Terus tadinya mau naik ke cupola, tapi bayar 7 euro untuk pake lift dan tetep harus manjat 381 tangga! Sedangkan bayar 5 euro untuk 581 tangga. No way jose. Padahal udah hampir beli tiket. Kaki harus disayang hari ini.

Akhirnya gue ke tombs nya pope, udah gratis, cakep pula. Pada doa di depan makan Pope terakhir yang meninggal 2005 itu, paus paulus II ya. Terus masuk ke basilica. Wuih. Gak sayang deh gue kesana. Untung gue antri! Itu gereja, kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen banget dalemnya. Gue sampe merinding. Di duomo milan aja udah kagum, disana udah ngeces. Gila itu pahatan lukisannya!!!!  Mungkin kalo gue katolik gue udah nangis disitu (lebay yah?) saking bikin merinding. Beda dengan Sistine Chapel, di sini kita bebas foto-foto.

Jam 11, as planned, I went out, and off to Gallery Borghese. Jalan lagi ke ottaviano metro, sampe Termini. Dari termini, gue naik bus 910, bareng sama ibu-ibu prancis yang sama-sama gak ngerti, jadi kita barengan.  Dan di dalem bus ada cowok yang baik hati dan ganteng (penting harus sama yang ganteng) ngasi tau turunnya di Pinciana. Grazie!!

Villa borghese itu besoaaar. Gak sebesar versailles sih, dan museo Galleria Borghese nya ada di salah satu area. Langsung pick up ticket dan bayar 8.5 euro. Tiket gue untuk jam 13-15, jadi masuknya ya jam segitu. Walopun gue udah disitu untuk pick up ticket pas jam 12.30.

Galleria Borghese, yang ada di Villa Borghese Pinciana, bersama taman Borghese yang besar itu, sekarang adalah ‘markas’ dari lukisan, antiquittes, sculptures dari Cardinal Scipione Borghese, yang dulu adalah patron nya Bernini dan juga pengkolektor karya-karya Caravaggio.

Wow. Bener-bener gak rugi lagi.  Di sini, I became officially one of biggest fan of Bernini works of art, specially “Daphne & Apollo” statue. Itu kayak bukan marble! So detail. Ceritanya apollo naksir daphne tapi daphne gak mau, akhirnya sama ayahnya daphne  dirubah jadi daun. Dan transformasi daphne jadi daunnya itu detail banget di statue. Oooh i really love it. Terus ada lagi yang adegan rape “the Rape of Porsepena” Itu juga kereeeeeeen banget. All Bernini, are gooooood.  Terus liat lukisan-lukisan di Pinacoteca, lagi-lagi manjat tangga, marbles. Untung tadi gak jadi ke cupola kaaaan, lumayan menghemat tenaga dan kaki.

1.5 jam disana, cukup lah, dan gak usah pake audioguide, karena tiap ruangan ada keterangan ceritanya. Jadi lagi-lagi hemat duit!

Dari situ gue jalan ke Piazza de Spagna, baru kali itu gue cukup sukses gak pake nyasar, pake nanya sih, tapi gak salah arah untungnya. Dari situ jalan kira-kira 15 menit, dan ngitari Piazza de spagna yang romantic, ada di area agak ke atas, melihat orang-orang pada dilukis wajah disana (kayaknya rata-rata di semua Piazza ya),  dan walked downstairs of spanish steps yang meskipun habis hujan tapi gak licin. Oh ya, 1 hal lagi yang bikin gue happy today, no rain!!!!  Jadi banyak banget orang hari ini pada keluar. Dan di piazza de spagna kayaknya ada sejuta umat, apalagi ternyata di bawah  mulai ketemu dengan turis-turis jepang dengan tentengan Gucci, Prada…hm…ternyata it’s dangerous area…premium brand area at via condotti! All most premium italian brands are there, prada, gucci, stefanel, salvatore ferragamo, brioni, semua….Hermes dan LV pasti ada juga dan asik aja foto-foto disana. Itu jalan penuh sama orang. Yang belanja dan yang window shopping!

Jalan terus sampe via dei corso, dimana tetep shopping area, tapi lebih bersahaabt, karena itu medium brands, kayak Energie, benetton, geox, Zara, sephora…bottega verde, lebih oke laah di kantong. Apalagi benetton sale gila-gilaaaan 70% mau bangkrut kali? Puas foto di shopping area dan ngintip barang, dan ngeces liat boots..i decided tyo scoot away from my weak area.

Then off to Piazza de Popolo…dan tadinya mau ke fontana de trevi by foot, tapi ujan rintik-rintik..jadi gue memutuskan daripada nyari jalan sambil payungan, mending naik  metro yang udah depan mata. Sampe Barberini, dan turun di piazza barberini, dan jalan ke fontana de trevi…oohhh…so crowded…

Gimana caranya menuju area turis? Mudah! 1. signs jelas. 2. liat aja orang pada berbondong-bondong and bawa peta heheheehe.  Bisa saling nanya dan ditanya. Gue sih cukup terharu sering ditanya pake bahasa itali:p

Katanya, di Fontana di Trevi kita harus lewar koin biar bisa balik lagi kesini, gue sih males lempar-lempar koin, but i do hope by heart, i will be back here. For good cause. Amin.

Then had gelati….straciatella..2 euro aja. Tadinya mau ke san crispino di via panetteria, tapi udah keburu hujan males yeeee. Jadi disitu aja, people watching and see the fontana. Oh Bernini, he did it again. Moved my heart.

Banyaaaak banget orang Cina, turis-turis maksudnya. Dan gak tau kenapa waiter india yang ada disitu rada rude, dia lagi melayani gue sih, terus di order sama 1 cina, dan dijawab “you’re not the president of your country or my country, so after this lady” ckckcckckck.

Then hujaaaaaan. Jadi melewati pebble stone romantically with gelati, and camera ready…love this…

Back to piazza navona, oooh so romantic. I love bernini works there!!!! Too bad it’s being restored.  So I can’t make perfect picture of it. I love navona. Really the place to hang out. Hari ini rame, resto nya. Beda sama semalem karena hujan dari pagi jadinya gak terlalu rame. I love Roma in the lights.

Mau lewat campo fiori, tapi hujaaaaan deras. Jadi lagi asik jalan, akhirnya susah karena semuanya basah termasuk spatu gue dan kaos kaki gue karena gue gak pake boots. Daripada gue panas dalem karena hujan lewat kaos kaki basah, mending gue langsung cari bus pulang. Nyebrang dan naik bus 40 ke stazione. Eeeeeh tengah jalan hujannya mendingan. Siyal. Tapi mau kluar bus penuuuuhh banget. Bener kata andrea, public transportnya gak terlalu mencukupi, terutama bus nya gak menjangkau semua area, dan metro Cuma 2 line. Pantes tadi metro pas pagi penuh luar biasa.

Sampe stazione, gue jalan-jalan lagi di Termini, my other  fave place.  Giving my eyes a treat…not boutiques, but bookstores, CD…oohhh kalaaaaaaaap. Gila ya, semua yang ada hubungannya sama shopping kenapa gue kalap yaaaa..apalagi liat buku-buku travel, CD jazz latin. CD promo 5 euro an, tapi yang biasa 10-20 euro, lebih mahal dari Indo. DVD TV series 30-35 euro an, tapi lengkaaap semua judul yang gue kenal ada. Yang sedih, di Borri bookstores, buku travel Indonesia  Cuma ada 1. Dan buku bahasa gak ada. Padahal bahasa urdu aja ada!

Terus having coffee at Wok (world oriental kitchen), dimana ada segala mie, dari pad thai, sampe nasi goreng! Nasi goreng paling mahal..hampir 10 euro! Gila!! Gak segitu kangennya gue sama nasi goreng, padahal menu italian di resto-resto navona 10 euro udah lengkap tuh…

Uno cafe, prego!

Then…off to hostel, dan ternyata ini hostel rame banget!!!! Hebat. Kalo di plus itu kemarena ada grup tour nya prancis, disini bener-bener macem-macem, mix of japanese (alot), US, french, Biritsh, Spanish…even argentinian. Dan cowok jepang yang dateng bareng gue kemaren, dia bersepeda dari Jepang…edan…10 bulan katanya…walaaaah.

Ternyata hostel ini cukup oke berarti kalo rame…anyway smalem yang bikin gue stress mungkin karena gue tidur di atas ya, dan messy banget si roomates gue. Setelah mereka gak ada..laaah biasa aja tu kamar heheheeh bagus deh. Tapi baru smalem gue gak mandi malem..karena males. Dan tadi ricuh pas mandi pagi, gue mandi di mixed bathroom karena males mandi di bawah (female bathroom), dan gak ada gantungan, jadi gue taro semua di plastik gede hehehehee.  So i know the trick now..:p

Ok, time to look for a room in Milan!hope tomorrow Santa Margherita Ligure is not raining. But I browsed and found out that it will be raining all the time in SML, Milan, Geneve…ooohhhhh L

Got 2 Brazilian guys in my room to replace 2 nut french. 1 is from san paolo, Daniel. Nice young guy with girlfriend Vanessa next door. And one is from Rio hm..didn’t really catch his name before. They’re nice.

Sarah came back and she and Turner, next door look very drunk, and Daniel took notice of that. Hahah so funny. I also caught some drunken guys last night at the stairs when I got back. So funny. Been there done that. J Ola. Time to sleep. Ciao!

Leave a Reply

