chamonix : best ski resort!

This slideshow requires JavaScript.

Woke up very early in the morning to catch Y bus from st. Genis to aeroport de Geneve at 6h.55! dunia masih gelap dan hujan. Untung sempet sarapan dan ngopi. Dan gue dengan canggihnya gak pake jeans atau celana parachute, tapi pake stoking doang…padahal mau ke pegunungan.

Dan semua orang di bus pake jeans hehehe hebat gue saltum abis.

Sampe aeroporte naik bus nomer 5, dan lamaaaaa banget antri access card. Untung sampe di Cornavin jam 8 an, jadi sempet beli roti, tapi gak sempet cari WC, langsung ngibrit ke Gare Routiere, untuk nge bus ke Chamonix. Eh ternyata di Gare Routiere ada internet.kemane aje kemaren gue..sibuk cari akses  internet. Dan murah pula, 2 CHF untuk 15 mnt. Eh itu mahal ya? Hehehee

Terus 8.30 teng bus tur ke Chamonix pun brangkat. Tour guide kita namanya Neil, swiss german- tapi british accent person. Dan perjalanan dari Geneve ke Chamonix makan waktu 1.5 jam, dan melewati pemandangan  indah dari Mont Blanc and the Alps yang melintasi total 7 negara, sampai satu tunnel yang melewati 3 negara : prancis, itali, swiss. Seharusnya kemarin dari Milan menuju Geneve kita lewat tunnel ini, tapi gue gak inget dengan adanya terowongan, tapi inget dengan Alps itu.

Chamonix ini ada di tenggara Prancis, salah satu deretan Rhône Alps Situated yang terletak di dekat puncak Aiguilles Rouges, dan tentunya terkenal dengan puncak Mont Blanc – setinggi 4810 meter – dan itulah yang rencananya akan gue lihat hari ini!

Walaupun tadi berangkat dari Genève, tapi sesungguhnya Chamonix ini ada di Prancis, tapi tentunya jangan kepikir berangkat dari Paris ke sini ya, super duper jauh!! Makanya gue memilih berangkat dari Genève karena selain lebih murah, juga lebih cepat. Sayangnya transportasi paling mudah kesini selain dengan mobil, ya dengan bus (harganya sekitar 80 CHF , tapi dengan guided tour hanya nambah 20 CHF), sedangkan gue mencoba mencari cara dengan kereta, sungguh tidak efektif, lama, karena ganti-ganti station, dan sama mahalnya.  Kalau langsung dari Genève airport, ada bus SAT yang direct ke Chamonix. Kalau dari Paris, bisa naik TGV ke Saint Gervais Les Bains – Le Fayet , kemudian sambung ke Vallorcine di perbatasan Swiss dengan Mont Blanc Express Service. Ah ribet kan! Kebayang kalau kita sambil bawa peralatan Skiing yang berat-berat itu.

88 kilometer dan 1,5 jam kemudian, sampailah bus kita di Chamonix  yang menurut Discovery Travel and Living, ini adalah Best Ski Resort in the world! Hoorah.!

Sayang  banget hari ini cuaca sedang tidak bersahabat, dan sepagian ini hujan mengikuti kita dri Genève sampai di Chamonix, yang membuat dan bad visibility dari l’Aguille du Midi, tempat dimana ktia bisa naik lift menuju ke jembatan ke Mont Blanc. Siyaaaaaalll. Sudah menunggu-nunggu ke sini, khusus di winter, giliran sampai di sini kenapa cuaca buruk? Tadinya gue ngotot mau naik, tapi penjaga l’Aguille du Midi ngotot balik “Madame, kalau ini yang kamu lihat (sambil memperlihatkan web cam di sekitar top roof overlooking mont blanc), buat apa kamu buang uang 80 Euro, percuma” Dan meskipun hujan berhenti nanti siang, tetap gak bisa naik karena lift menuju ke atas itu hanya naik beberapa kali sampai pukul 10 an, dan lift yang kembali turun itu juga terbatas, jadi intinya, lupakan aja rencana naik ke Mont Blanc kalau kamu mau turun dengan lift. Kecuali kalau kita mau turun dengan skiing.

Sedih banget gak sih? Terus gue nanya ke Neil, tour guide kita hari itu, kapan sih hari baik ke Chamonix ini? Jawabannya “it’s Yesterday, miss”. Gubrak. Kemarin memang hari cerah sekali.

Anyway, akhirnya karena kita masih punya jatah waktu bersenang-senang disana sampai jam 17h.00, akhirnya group tour kita yang sekitar 10 orang ini berpencar, dan akan bertemu lagi nanti di restaurant untuk ngopi-ngopi dan bareng jalan ke Gare untuk naik Mer de Glace, alias kereta yang menyusuri glacier Montenvers.

And meanwhile I walked around the resorts, crowded with skiiers, and families spending winter holidays, flocking the streets, the restaurants and the shops.  And me, sniffing around the crèperie, and warming my self in the souvenirs shop. Gosh! Bloody freezing, I was wearing my orange wool robe and wool handgloves, but paired only with..stocking. great! And my boots, they weren’t snow boots, but just boots. Actually it was my funky knee high boots. At least I looked great on photos!

Jam 13h.20 berkumpul di restaurant meeting point kita, untuk sama-sama ke Montenvers. Sambil menunggu rombongan lengkap, mari menghangatkan badan dengan du vin chaud alias wine anget. :p Soalnya kopi kurang mantep buat di perut kalau dingin kayak gitu.

13h.40 kita pun antri di Mer de Glace ke Montenvers, lumayan deh, karena gak jadi naik ke Mont Blanc, melihat glacier dari dekat juga menyenangkan kok. Kereta ini membawa kita ke ketinggian 1913 meter, melihat ice sculptures di sepanjang glacier Mer De Glace, the Drus dan the Grand Jorrase. Sepanjang track selain melihat pahatan es dari jaman abad 19 itu juga melihat track-track skiing yang biasanya dipakai, dari track dèbutant alias pemula, juga track professional. Waw. I wish I could stay here longer, then I could learn how to ski.  Ketika sampai di Montenvers, gak banyak yang bisa dilihat, hanya ada museum Alpine Fauna dan cyrstal Gallery yang gelap gulita itu. Grand Hôtel du Montenvers pun tutup, karena ini masih musim dingin.  Café Panorama pun rame total, gak bisa duduk disitu untuk menghangatkan badan sambil minum hot chocolate (yang mahal itu).

Freezing and snow, What can you do? Make a snow ball, and throw it to other people! Dan gue pun akhirnya terlibat ‘tawuran’ bola salju dengan teman-teman satu group tur yang kebanyakan adalah pasangan ibu-bapak. Korban gue adalah Ibu-ibu Spanyol Afsel, sedangkan gue adalah korban empuk dari bapak-bapak Spanyol yang jahil banget.

Pukul 16h.30 kita sudah turun ke bawah lagi dengan kereta yang sama, dan tetap amazed dengan pemandangan putih di sekeliling kita. Masih ada waktu keliling-keliling, dan gue pun iseng lihat-lihat souvenir dan jaket dingin. Jaket nya sih ok banget buat dibeli, tapi buat apa ya? Kecuali gue akan di Chamonix ini untuk beberapa hari. Jaket itu gak bakal kepake di Paris saking hangatnya.  Dan pembelian souvenir juga gue batalkan mengingat space tempat di tas yang hampir nggak ada lagi untuk barang baru.

Sore hari ini matahari mulai bersinar cerah dan hujan sudah berhenti dari tadi. Sial banget, kenapa sih cuacanya gak dibalik aja sama tadi pagi?? Dan perjalanan pulang ke Genève pun diiringi pemandangan yang lebih cerah daripada perjalanan menuju Chamonix, melewati jembatan yang super panjang di antara gunung-gunung dengan penyangga tiang yang jauh lebih tinggi daripada jembatan cipularang.  Untung sudah lewat, kalau enggak, bisa parno gue liat jarak tiangnya!

Dalam perjalanan pulang, Neil sang tour guide kita sering bikin quiz, kita ada di negara mana sekarang? Lihat saja sign road nya – kalau masih lihat sign road biru dengan tulisan putih, artinya kita masih di Prancis, tapi kalau lihat sign road hijau dengan tulisan putih, artinya kita ada di Switzerland!

Sampai di Genève, langsung dadah-dadahan dengan teman-teman seperjalanan dan gue melanjutkan naik bus menuju CERN, untuk ber internet ria – dan kembali menggesek kartu kredit untuk beli tiket pesawat ke Amsterdam besok seharga hampir 200 CHF sodara-sodara. Mau nangis gak sih… paling enggak ini lebih bagus daripada naik kereta ke Rotterdam sudah habis hampir 300 CHF ! ini deh akibat pesan mendadak! Ole!

Menghapus kesedihan gue dengan bayar tiket segitu mahal, malamnya ditraktir Haryo dan ber tiga bersama Harrod, kita ke Le Meyrinoise –untuk santap malam global : bersama tim Genèvois, makan italian pasta, steak and lasgana, di area Prancis. Wonderful!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s