Behind Paris ‘chic’

Paris, it’s the city of light and it’s the city of style. Semua barang dari Paris, kalau sampe Jakarta pasti serta merta berkesan ‘wah’ dan keren, padahal beli nya di pingir-pinggir jalan atau toko-toko impor Cina, tapi karena dari Paris, jadi kesannya canggih.

Hampir mirip dengan Milan, semua orang pikir semua yang ada disitu pasti keren-keren, tapi menurut gue, gaya orang-orang di Milan belom merata, jadi yang gaya yah super gaya, dan yang biasa-biasa aja juga banyak. Tapi kalo di Paris, semua orang pasti gaya!

Apa sih rahasianya, sampe orang-orang ini bisa begitu keren gayanya?

Ternyata simple aja : vintage store, atau ‘dépôt vente’. Mau cari barang apa juga ada, dari Chanel bekas yang klasik itu, sepatu Prada, Jaket Kenzo, rok nya…. semua ada. Dari rok 5 euro an, boots 10 euro, jaket 15 euro, jaket bulu 35 euro, sampe tas Chanel 400 euro (harga baru 2200 euro lho), dari dépôt vente ‘madusik’ alias makin diaduk makin asik – sampe butik dépôt vente yang keren… tentunya sasaran gue adalah dépôt vente yang ‘madusik’ tadi, ketimbang yang butik, walaupun kalo lagi gak tau mau ngapain, paling asik liat iklan di majalah atau di koran soal diskon-diskon di dépôt vente (bayangin, udah murah, masih pake diskon).

FYI juga, diskon di negara ini juga cukup menyenangkan, harap dicatat, musim sale : dari musim dingin-musim semi, sekitar Februari, saDe musim panas di bulan Juli, dan sale musim gugur ke musim dingin di Desember. Hajaaar!

Dan kaos-kaos Promod pun bisa diobral 5-10 euro, celana nya 20 euro, dan dengan 30 euro di H&M bisa dapet 1 stel + asesoris, plus Mango atau Zara dimana tas bisa dibeli dengan harga 25 euro ajah. Tentunya mango dan zara akan sangat lebih murah kalo ke spanyol karena itu adalah negara asalnya, tapi kaos-kaos 10 euro dan jaket keren 20 euro lumayan dooong…

Buat yang hobi cari barang loakan, dan hobi ngaduk-ngaduk, saran gue, pergilah ke Free’p’star, yang ada di area centrale, 8 rue Ste-Croix-de-la-Bretonnerie, di belakang hotel de ville dan rue rivoli.Atau di  Fripe Star, di 1, Rue de la Verrerie, ada di area yang berdekatan dengan Free’p’star. Gue berhasil dapet boots 10 euro, boots 15 euro (semua kulit, dan bagus!), rok corduroy 5 euro, jaket kenzo 10 euro, kaos promod 5 euro, syal 3 euro.. mayan lah.

Bangun pagi juga berkah buat gue, karena sebuah pagi dimana gue iseng lari pagi bareng tetangga sebelah ke arah taman, dan malah berhasil dapet cropped jacket hitam 5 euro aja karena dia hanya kasih diskon sebelom toko buka jam 8.30, dan gue orang pertama yang mampir jadi gue tiba-tiba dikasi diskon sebagai penglaris. Sejak saat itu, Sunshine dan lari pagi jadi ‘olahraga ‘ wajib. Sayang nya gue lebih seneng bengong minum kopi di depan Avenue Republique sambil ngeceng ketimbang jogging!

Bakat iseng-iseng berhadiah ini juga berlanjut dimana di sebuah sore gue habis ngopi bareng teman di area Opéra, gara-gara nemenin dia cari kacamata dan jaket, walhasil, pas habis nemenin dia ke gare st. Lazare karena dia ngotot ditemenin, eh pas nyebrang nunggu bis kok ya gue malah nemu sebuah toko yang jual blousson Faux Cuir’, berwarna coklat dan ..diskon. dan hanya bayar 15 euro aja plus kasih senyum buat mas-mas nya. Dengan senyum sok tulus itu juga yang bikin dia kasih tau bahwa dia ada barang lain yang lagi nge hip saat itu : striped jacket, kalau gue mau lihat, dan ada di belakang. Sedikit deg-degan karena takut diculik (sok parno), tapi keinginan dapet barang baru dan diskon mengalahkan rasa takut. Voila!  Cropped jacket garis-garis biru yang di toko seharga 70 euro, dikasi ke gue dengan harga 20 euro saja. In this case i was so amazed with my ability to bargain in French.

Ketika gue sms temen gue dan bercerita gue dapet jaket kulit murah dan jaket strip yang lagi nge-hip itu, dia bingung, karena ternyata toko itu jarang banget diskon, kok ya pas banget dapet diskon. Tampang gue memelas kali ya.

Cuma sekali gue belanja di dépôt vente dan akhirnya gak dapet diskon tambahan, gue naksir banget spatu boots nya, dan harganya Cuma 15 euro, tapi sedikit kegedean. Sebenernya gak papa sih, karena bisa diganjal kaos kaki. Dan itulah yang dikatakan si penjual yang sibuk muji-muji kalo gue keren banget pake spatu itu. Dan dia langsung sodorin kaos kaki – yang gak dikasi gratis. Lirik-lirik, timbang-timbang, dan kayaknya ada 2 pesaing yang mulai ngelirik speatu itu. Dan dengan tololnya gue taruh di rak lagi. Esokannya gue kesana lagi untuk beli, eeeh. Udah gak ada. Bapak penjual cuma bilang ‘tuh kan, saya bilang apa…nyesel kan…’

Kalo kamu kebetulan punya boots dan rusak sol nya, gak usah deh pake iseng betulin ke tukang betulin sepatu atau lecordonnerie, kecuali itu sepatu bagus banget atau mahal pas beli hehehee. Ya karena betulin 1 pasang spatu bisa setara 2-3 pasang boots dari dépôt vente! Daaang. 1 boots yang gue beli di jakarta (gak mahal-mahal banget sih, tapi gue seneng sama warnanya), sol nya rusak karena gue abuse di jalanan ber salju, dan akibatnya gue kena 35 euro buat betulin les semelles huhuhuhuhu.

Dépôt vente ini juga tipe nya macem-macem, ada yang tempatnya agak amburadul, dimana beberapa barang nya kita harus aduk-aduk dan cari dengan teliti dapet yang bagus apa enggak, ada juga yang khusus jual baju/asesoris gothic, kayak si Kennedy Noir di rue Sentier. Tempatnya sih cukup besar, tapi mengecewakan dari segi harga, maksudnya gak ada yang di bawah 10 euro:p Tapi kalau situ anak punk, kayaknya wajib kunjung, misalnya cari , jins paku, dan boots paku, jaket bulu tapi harganya 100 euro an..walaah…

Ada yang bangunannya dari liar pake plang nama, ada juga yang sok rahasiantage store di Rue de Roi de Sicile, dan cuma mengandalkan alamat aja baru bisa masuk kesana, alias – niat berat. Gue dan temen gue Gita, kerja nya ya berbekal peta lokal yang kita dapet dari internet. Untungnya kota ini teratur semua sistem nama jalana, nomer, bus, metro, jadi harusnya sih pasti sampe. Ato ya kalo males nge print, ya nanya aja sama orang. Itu pun kalo ada yang bisa ditanya. Sering juga gue nanya sama orang, eh orangnya itu malah gak tau ada jalan yang gue tanya itu. Laah?

Ada beberapa tempat juga yang  gak tersembunyi tapi hampir gak kliatan karena namanya kecil banget di kaca nya seperti king of trip yang di bretonnerie, yang dekat juga dengan chapellerie, yang jual chapeau alias topi lebar gitu.

Gue sukaaa banget area ini, area Rivoli, Le Marais, a true parisien chic, dekat rue de rivoli. Btw, rue Rivoli ini membentang panjang banget, dari 1er arrt sampe 4em arrondissement. Jadi kalo jalan terus kayak mister bean bisa sampe louvre-rumah gue lewat tuh! Dan banyak rumah-rumah loakan alias dépôt vente. How fun is that!

Anyway. No need to be very lavishly rich to be stylish in the city. Ternyata gak susah kok untuk gaya di Paris, dengan modal cekak, juga bisa gaya! Asal rajin ngecek di koran, jalan-jalan, sama bergaul!

Oiya, jangan lupa, untuk para cewek, jangan lupa dandan ya! Gue sampe ke intrik banget beli alat make up baru demi bisa gaya….minimal bedak yang bagus.

PS : example of style on the street, seems familiar. Bahu tinggi ala 80 an, celana skinny, sepatu tinggi, berwarna, tapi tidak terlalu warna-warni. Tas kempit, atau tas selempang kecil (cukup untuk taro kaca, lipstick, kondom…), bedak yang bagus, eyeliner hitam atau biru tua, lipstick nude atau merah darah, yuk mari!

 

One thought on “Behind Paris ‘chic’

Leave a Reply

