ini namanya negeri kincir angin!

Sementara semua orang yang ke Belanda itu pasti bikin foto klasik di Volendam, target foto-foto gue di Belanda ini malah gak pernah muluk : foto kelompen Belanda, dan foto Kincir Angin.

voila. ternyata cari foto kelompen ini susah-susah gampang sih nemunya. Yang model seperti ini, akhirnya gue temukan di sepanjang canal di Utrecht, dimana ada banyak toko suvenir mejeng di deretan toko, cafe, dan rumah perahu.  well, gak mau beli sih, Cuma mau foto. Cekriiik!

Untuk kincir angin, biar makin afdol, temen gue Suci dengan baik hatinya menemani gue ke Kinderdijk, kira-kira 30 menit dengan mobil dari rumahnya di Breda. Seharusnya jaraknya nggak terlalu jauh, tapi dengan GPS kok malah nyasar dan malah gue balik ke Rotterdam hihihi, karena memang jaraknya hanya 15 km dari Rotterdam:p Tapi namanya Belanda, muter-muternya disitu-situ aja kayaknya, pokoknya kita akhirnya sampai di Kinderdijk dalam 1 jam. Sayangnya ‘wahana’ Mollens van Kinderdijk alias si kincir angin yang seharusnya bisa kita masuki, belum buka sampai bulan Maret! yaah. ya nggak apa-apa sih, tapi tetap bisa foto-foto kok disana.

Kincir angin Kinderdijk ini dibuat tahun 1738 untuk menguras dan menangkap air, dan kemudian airnya dialirkan ke Nederwaard, 1.4 meter di belakang kincir. Diameter nya sekitar 6.3-6.5 meter panjangnya. Kalau nggak salah sih, selain untuk mengatur air (tau kan Holland itu berada di di bawah permukaan laut), juga berfungsi sebagai penggiling gandum.

Biarpun secara resmi mollen belum dibuka untuk umum, tapi ternyata bukan kami berdua aja yang ada disana, ada juga turis-turis lain, malah cuma sekedar foto-foto. Padahal cuaca lagi gak asik, hujan, angin, kurang asik deh, tetep aja orang asik pacaran, dan foto-foto. Buat yang mau kesini, mohon maaf, nggak bisa kasih tau cara transportasi lain selain pakai mobil..soalnya agak masuk kawasan seperti perumahan, dan nggak perhatiin apakah ada transportasi umum apa enggak…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s