off to minus celcius..!

Gue memulai perjalanan dingin gue (maksudnya winter trip), dari Rotterdam di Netherland, menuju Berlin, terus Vienna alias Wien, terus lanjut ke Ljubijana, setelah itu Italy, Switzerland, kembali ke Netherland dan…back to Paris. Biar runut, gue akan coba cerita satu persatu dari masing-masing tempat dimana gue singgah ya, dan titik awalnya adalah keberangkatan dari Rotterdam menuju Berlin..

Rotterdam : 7.46 AM

Lari-lari dari rumah Indah biar gak telat, dan tentunya (selalu kejadian di gue), TJD SST (alias terjadi sesuatu) dengan kartu kereta gue (tepatnya OV ChipKaa rt nya Indah:p ), dan terpaksa...minta tolong orang beliin tiket dulu buat gue dan bayar 3,5 euro gara-gara itu. Ternyata eh ternyata, kartu gue itu udah minus hehehe. Mana ada pemeriksaan pas di metro menuju Rotterdam Centraal, dan agak lama, sampe gue deg-deg an karena kereta ke Amersfoort itu berangkat jm 08.20.

Kedonoan kedua di station : udara dingin bikin massa tulang lo jadi aneh, tidak flexible ( apa gue aja ya?) jadi nya biar koper cuma satu, tetep aja susah ngangkat pas naik turun tangga! Untung ada anak muda yang bantuin (ciyeeeeh, anak muda…!) dan alhmdulillah gue tiba di kereta on time. I’m taking Bahn train – kereta Jerman, bisa dilihat di www.bahn.de

Sampe di Amersfoort gue harus pindah kereta ke Berlin jam 09.37, di line 1. Dan sesuai dengan perminataan : 2nd class compartment to Berlin Ostbhof. Isi compartment ini sebenernya 5 orang, tapi terisi 4 aja dari Deventer. Gue, 1 ibu dengna baju merah, 1 cowok kantoran yang sibuk main bb dan games di Nokia nya, dan 1 cowok yang bengong sambil denger lagu dan makan.

Perjalanan agak lama nih, akan sampe di berlin jam 15.20. jadi bisa tidur…! actually, it is boring trip…ada internet di kereta tapi tentunya gue males bayar dong. Jadi memilih nge blog sambil denger lagu, dan sambil memperhatikan teman kompartemen yang bolak-balik ganti, dan bolak-balik liat pemandangan…SALJU. dari excited, sampe bosen banget.

Setelah gue liat peta dan direction menuju hotel, kok kayaknya lebih gampang dari Hauptbanhoft ya, ketimbang dari Ostbanhoft? Jadi pas kereta berhenti di Hauptbanhoft, gue serta merta ikutan turun. Dan tinggal naik bus sekali, sekitar 10 menit, dan nyebrang jembatan.

Station ini ternyata central stationnya Berlin, dan modern gitu deh. Tapi karena udah sampe sini sore, mending gak usah spend waktu lama di sini dan foto-foto, mending langsung ke hotel. Dan seperti biasa, jalur yang begitu mudah pun gue nyasar…tentunya modal nanya-nanya ala turis dong..!

TUMBLING OVER THE SNOW

Namanya juga winter, namanya juga dingin, namanya juga banyak es salju, tentunya, bootsnya yang karet dong, jangan yang sok keren kayak gue pake ini. Yang ada gak kehitung deh gue kepleset, alhamdulillah gak pake salto atau bener-bener jatuh berdebam kena pantat dan koper terguling. Gue gak ngerti deh, mungkin di pojok mana ada orang yang cekikikan melihat adegan-adegan gak penting kepleset gue itu, tapi yang jelas, yang sering kepleset bukan Cuma gue. Banyak pula si bule-bule itu pada jatuh, kepentok es, koper nya mentok terus jatoh, etc. Gue sih berusaha simpati aja, solidaritas sesama tukang kepleset!

Moral of the story : kalo masih saljuan, bawalah boots karet. Bila perlu beli aja pas sampe, karena di Jakarta mungkin gak banyak pilihannya (laah di Jakarta boots karet jangan-jangan buat di pasar..)

My hostel in Berlin.

Dari Berlin Hauptbanhoft nyebrang ke halte bus M41, turun di Willy Brandt Haus, jalan terus, nyebrang bridge, turn right at the ligts, dan di corner, itulah si hostel yang cantik ini. Grand Hostel Berlin. Udah murah, service ok, semuanya ramah, kamar nya nyaman banget gak kayak youth hostel sih emang, tapi harganya kompetitif banget. I would gladly recommend this to all! Tempat tidur dan linennya nyamaaaan banget, berasa di marriot kecil. Serius. Kalau tertarik, silakan google aja ya Grand Hostel Berlin ini.

Frozebite…

Temen sekamar gue, Vietnamese-chinese-Swissm Herman, he recommended me to some other places. Tapi di luar so bloody freezing, I almost got a frozebite. Akhirnya gue ke Brandenburg gate (Brandenburger Tor), pake U7 (underground), beli tiket 2.1 euro tapi bisa dipake 3 kali, terus turun di Yorckstrasse, sambung train S-1 ke Bradenburg.

Brandenbourg Gate ini adalah gerbangnya Berlin, terutama jaman masih ada Berlin wall yang memisahkan antara Barat dan Timur dulu itu.  Lokasinya pas ada di city central, antara Unter de Linden, Eberstrasse, Pariser Platz. Jaman dulu, pemeriksaan urat antara Barat dan Timur ya di gerbang ini, sampai runtuhnya Tembok Berlin di tahun 1989. Sekarang sih area ini sudah jadi cobblestone pedestrian zone, jadi mobil sudah gak bisa lewat lagi.

Karena dingin banget gue nyaris gak bisa motret, dan kaki gue udah gak bisa gerak, jadi tadinya mau jalan ke Postdamerplatz gue batalkan. Anyway, mampir ke museum tempat penganiayaan nazi jaman dulu di kala dingin melanda dan menjelang gelap kok ya tiba-tiba bukan ide bagus gitu.

Berlin in a glance, bener-bener singkat banget deh mampir-mampir nya.  Kesan gue sama kota ini : rapih, teratur, bersih (di luar metro nya ya), dan berasanya…tekno abis gitu. Gue juga bingung apa nya yang bikin begitu ya. Sayang banget gue gak bisa ke Tembok Jerman! Habis..udah gelap gitu, jam 5 udah gak bisa liat apa-apa, dan dingin total. Udara kira-kira minus 6 gitu deh hari ini. Dan itu tadi pas sampe, nah udah malem gini kira-kira lebih turun lagi. Kebayang malesnya jalan-jalan. Jam 6 kayaknya udah sepi banget orang dimana-mana, males dong kalo nyasar terus gak ada orang yang buat ditanya…mana di U-Bahn itu banyak orang beler, males gak sih….

Public Transport

Sebenarnya public transportation disini enak aja sih, selama pegang peta U-Bahn dan S-Bahn, dan tau nomor bus. Tapi sekali lagi, salju dan gelap bikin siwer mata, belom lagi U-Bahn dan S-Bahn itu gak nyambung tempatnya, maklum, 1 adalah underground dan 1 lagi di atas. Dan station nya gak selalu berdekatan. Cakep kan?

Tiket metro ini macem-macem jenis nya, kebetulan gue beli aja yang bisa dipake 3 kali, seharga 2.1 euro, ada juga yang single ticket dan tourist pass seharga 15 euro untuk 48 jam. Males ya beli yang itu, kecuali lo akan pergi banyak dan tentunya spend time di kota ini lebih dari 48 jam J Karena ogah rugi, gue mending keliling kota naik bus nomer 100 or 200, bayar lagi 2.1 euro (huhuhuhu), dan bisa liat Berlin di malam hari.

Puas liat shopping arcade yang bikin deg-degan (takut belanja gitu…), mending keliling toko buku deket Priser Platz, bisa liat buku sejarah Berlin Wall, sampe kalau mau beli magnet “pecahan tembok Berlin” juga ada! Gak tau deh asli apa enggak. Tapi karena banyak dimana-mana, gimana caranya paham itu asli coba…

Malam makin dingin, jadi gue stop over for coffee, strudel donat, dan..Jagermeister! ah! Instant warmth.. J